Rabu, 18 April 2012

tips masak tanpa MSG


Tips Memasak Sehat Tanpa Vetsin atau MSG
Bagi yang telah terbiasa memasak dengan menggunakan vetsin, mungkin terasa hambar apabila beralih memasak tanpa vetsin. Kandungan vetsin adalah MSG, yaitu singkatan dari Mono Sodium Glutamate. Tahukah anda jika vetsin itu tidak baik untuk kesehatan terutama otak. Bahkan untuk si kecil balita vetsin dapat mengurangi kecerdasan. Dan banyak sekali penyakit yang tidak kita sadari berawal dari seringnya mengkonsumsi vetsin. Karena vetsin akan meracuni otak kita bahwa masakan dengan vetsin rasanya jauh lebih mantap daripada masakan tanpa vetsin. Yup, itu benar kenyataannya. Lalu otak akan menyampaikan ke indera perasa atau pengecap kita yaitu lidah, sehingga lidah kita terbiasa masakan dengan vetsin. Dan jika anda memakan masakan tanpa vetsin rasanya akan hambar. Banyak orang yang bilang kalau mereka tidak memakai vetsin tapi memakai penyedap berupa kaldu (saya tidak perlu menyebutkan nama mereknya karena saya yakin anda sudah mengetahuinya). Oh no, common Mom, coba lihat deh lebih teliti komposisi dari bumbu penyedap kaldu anda, pasti komposisinya ada MSG-nya kan? MSG itu nama lain dari vetsin. Lantas apa bedanya vetsin dengan penyedap berupa bumbu kaldu instan? Sama aja kaleee!!!

Nah, mulai sekarang yuk belajar hidup sehat dan sayangi tubuh anda. Setidaknya mulai dari makanan yang kita konsumsi. Bunda pasti penasaran bagaimana cara memasak dengan pengganti vetsin namun masakan tetap sedap dan uueenaakk? Caranya:
1. Jika anda memasak dengan bahan-bahan tanpa merica, misalnya sayur asem, sayur bening, dll. Gunakan gula sebagai penggantinya. Mengapa gula? Karena gula berasal dari tebu, sedangkan vetsin sendiri berasal dari tetesan tebu.
2. Jika anda memasak dengan bahan-bahan yang ada mericanya, gunakan perpaduan antara merica dan garam. Perpaduan merica dan garam membuat masakan seperti ada vetsinnya. Misalnya anda memasak sop, ayam tepung, soto, telur dadar, dll.

Nah, bagaimana anda ingin belajar hidup sehat? Yuk, coba mulai dari sekarang. Insya Allah rasa dari masakannya tidak kalah enak dengan masakan yang ada vetsinnya. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar